Teman dan Sapu Lidi


Sapu lidi terbuat dari tulang daun pohon kelapa kemudian dijadikan satu. Dapat menggunakan  tali rapia, jika ingin lebih kuat lagi untuk menyatukan lidi sebaiknya menggunakan tali  karet ban dalam bekas. Sapu lidi seringkali digunakan untuk menyapu halaman rumah dan menyapu kasur. Menyapu kasur dengan menggunakan sapu lidi? Masih adakah yang menyapu kasur sebelum tidur dengan menggunakan sapu lidi, saya sih masih menggunakannya dan belum ada pikiran membeli penyedot debu yang seringkali muncul pada iklan televisi.

Besar kecilnya sapu lidi bergantung dengan dimana tempat yang akan dibersihkan. Misalnya saya akan menyapu halaman depan rumah, maka sapu lidi yang saya gunakan memiliki ukuran yang cukup besar dengan jumlah lidi yang banyak karena akan digunakan untuk membersihkan sampah halaman rumah yang nota bene terdiri dari dedaunan dan plastik. Karena halaman rumah saya masih tanah dan juga banyak kerikil, maka saya membutuhkan sapu lidi yang besar untuk memudahkan saya membersihkan sampah yang ada.

Lain halnya dengan membersihkan debu yang ada di atas permukaan kasur. Saya menggunakan sapu lidi yang ukurannya lebih kecil dengan jumlah lidi yang lebih sedikit dibanding dengan sapu lidi yang saya gunakan untuk menyapu halaman depan rumah.

Ikatan yang kuat untuk mempererat lidi satu dengan yang lain sangat dibutuhkan. Siapa sih yang tidak jengkel? Jika ketika menggunakan sapu lidi, lidinya berjatuhan satu per satu lalu ambyar seketika jika tali pada sapu lidi terputus.

Jika sapu lidi sering digunakan, biasanya satu persatu lidi pada sapu lidi akan patah dan memendek sehingga tinggi dari lidi pada sapu lidi tidak rata. Jika sudah seperti ini sapu lidi tidak dapat digunakan untuk menyapu kembali.

Perbedaan umur dari lidi juga sangat berpengaruh dengan jangka lama penggunaan sapu lidi. Jika lidi dari pelepah daun kelapa yang masih muda maka sapu lidi yang digunakan lentur dan ringan, berbeda dengan lidi dari pelepah daun kelapa yang sudah tua maka sapu lidi yang digunakan kaku dan berat. Sehingga jika sapu lidi dari pelepah daun kelapa yang masih muda dapat digunakan lebih lama dibanding sapu lidi dari pelepah daun kelapa yang tua. Itu semua menurut pendapat saya pribadi.

Lalu apa hubungannya sapu lidi dan teman? Pertemanan bukankah berbeda dengan sapu lidi, jika jumlahnya semakin banyak  maka semakin menguatkan. Jika ikatannya kuat juga menguatkan satu sama lain. Jika salah satu ada yang patah maka tidak akan menjadi masalah karena tetap pada satu ikatan yang sama. Jika semakin tua maka akan menjadi kaku dan berat. Jika satu per satu menghilang ikatan akan melonggar dan ambyar semua.

Sungguh tidak benar kan? Teman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membaca kuy

Tarik Tunai